Minggu, 12 Mei 2013

WASPADAI CURAH HUJAN YANG TIDAK MENENTU DAPAT MENYEBABKAN TIMBULNYA PEYAKIT D.B.D ( Demam Berdarah Dengue)

 Kondisi cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini dapat menyebabkan berbagai macam penyakit salah satunya demam berdarah (DBD). Cuaca yang silih berganti kadang panas kadang hujan mempercepat tumbuh kembangnya nyamuk penyebab demam berdarah.
 

"Curah hujan yang cukup tinggi dan diikuti panas terik menyebabkan jentik nyamuk aedes aegepty lebih cepat muncul," 

Hujan yang sering datang tak menentu akan menyebabkan banyak genangan air. Kontainer-kontainer yang berisi air di sekitar kawasan rumah, perkantoran dan tempat-tempat lainnya sperti pot bunga dan kaleng bekas bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk aedes aegepty.

Untuk itu, disarankan agar kontainer yang dapat menampung air hujan ini dihilangkan. Bila ada kaleng bekas atau botol bekas yang tidak terpakai lagi sebaiknya dibuang jangan ditumpuk di sekitar tempat tinggal. Sebaiknya masyarakat menjaga kebersihan tempat tinggal mereka untuk mencegah datangnya penyakit ini.

"Tempat itu merupakan tempat yang sangat rentan menjadi tempat bertelur nyamuk karena bisa menampung air saat hujan," katanya


 ISTILAH 3 M Plus menjadi 4 M plus :
Mempraktekkan apa yang dinamakan 4 M Plus, yaitu Menguras wadah air seprti bak mandi, tempayan, ember, vas bunga, tempat minum burung, penampungan air kulkas agar telur dan jentik nyamuk matik.  Menutup rapat semua wadah air agar nyamuk tidak dapat masuk dan bertelur. Mengubur atau memusnahkan semua barang bekas yang dapat menampung air hujan seperti ban bekas, kaleng bekas, pecahan botol agar tidak menjadi sarang dan tempat bertelurnya nyamuk. Memantau semua wadah air yang dapat menjadi tempat nyamuk berkembang biak. Plus, jangan mengantung baju, hindari gigitan nyamuk dan menaburkan bubuk abate.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar